Kamis, 17 Januari 2013

Space Shuttle

Space Shuttle, salah satu program pesawat ulang-alik NASA yang dimulai tahun 1981 dan berakhir tahun 2011. Space Shuttle yang bernama asli STS (Space Transportation System) memiliki armada 5 pesawat dan 1 prototype. 

Pengembangan Space Shuttle dilakukan oleh NASA selama kurang lebih 20 tahun dengan berbagai macam tes. Space Shuttle adalah pesawat ulang-alik pertama yang dapat digunakan berulang-ulang.



Space Shuttle sebenarnya dibuat oleh NASA untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan riset, tetapi dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan telekomunikasi dan televisi untuk meletakkan satelit mereka di luar angkasa. 

Setelah dua kecelakaan tragis pada tahun 1986 dan 2003, Space Shuttle sudah tidak lagi dipercaya dan kalah melawan pesawat ulang-alik Rusia. Untuk menyaingi, NASA membuat sebuah teleskop luar angkasa yang kita kenal dengan Hubble Space Telescope.

Pada tahun 2011, Amerika Serikat menyadari bahwa program ini menghabiskan banyak dana, seperti pemeriksaan pesawatnya yang butuh banyak tenaga dan waktu. Akhirnya, setelah 30 tahun menjelajah angkasa luar, akhirnya program ini diberhentikan.

Kini, kelima Space Shuttle disimpan di dalam museum untuk dapat diabadikan dan menjadi inspirasi generasi muda.















The end of an era...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar