Senin, 04 Maret 2013

Tragedi Eschede

Hey! Aku mau ngepost tentang sebuah kejadian pada tahun 1998, tepatnya di Eschede, Jerman.


Nah, dulu, pada tanggal 3 Juni 1998, sebuah kereta ICE (Intercity Express) Jerman, seri ICE 1 dengan kode ICE 884 sedang dalam perjalanan reguler dari Munich menuju Hamburg. Kereta ICE ini termasuk kereta high speed dan juga kereta kelas atas karena kenyamanan dan fasilitas yang diberikan.
Lapisan baja yang sebenarnya

Pada saat itu, jam 10.30 waktu Jerman, kereta ini melakukan stopover di Hanover. Diketahui 287 orang sedang berada dalam kereta tersebut. Tak lama setelah melanjutkan perjalanan, sekitar 40 menit dari Hamburg, ban baja yang pada roda gerbong pertama terkupas, dan membolongi lantai gerbong dan menggantung seperti gambar dibawah.
Para penumpang yang selamat mengatakan bahwa saat itu juga, terdengar bunyi seperti ledakan.
Lapisan baja yang terkupas

Rel yang rusak parah
Bagian rel yang ditemukan didalam gerbong 1

Saat kereta mendekati rail switch, seperti pada gambar di atas, ban baja yang menggantung itu mengubah setting rel sekaligus menghanchurkan rel, sehingga gerbong 3,4,5,6,7,8,9,10,11,12 berjalan dijalur yang berbeda, dan pada 10:59, saat mendekati sebuah jembatan beton, gerbong ketiga menghantam jembatan tersebut dengan kecepatan 200km/h sehingga jembatan itu pun runtuh dan menimpa gerbong 5 dan 6.

Sesaat sebelum bertabrakan dengan jembatan 
Akibat kecelakaan ini, 101 orang tewas dan 88 orang terluka. Sisanya keluar dengan luka minor atau tanpa luka.

Beberapa faktor penyebab antara lain:

  • Pemeriksaan yang kurang baik oleh Deutsche Bahn
  • Ban baja yang sudah tidak layak (retak)
  • Desain ban (duoblock) yang tidak cocok untuk kereta high speed.
"Total Destruction"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar