Selasa, 16 April 2013

Kecelakaan Sukhoi

97004 before the crash

Ini postingnya tentang kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 (97004) (above) yang menghilang pas lagi melakukan penerbangan demonstrasi dari Halim Perdanakusuma ke Pelabuhan Ratu. Pesawat Superjet 100 produksi Sukhoi (Russia) diproduksi mulai tahun 2009, dan adalah pesawat komersil pertama yang diproduksi setelah keruntuhan Soviet Union. 97004 adalah Sukhoi pertama yang diproduksi, dan saat itu sedang melakukan tour demonstrasi "Welcome Asia!". Sebelum ke Indonesia, pesawat ini sudah mengunjungi Kazakhstan, Pakistan, dan Myannmar. Langsung aja kita ke kronologinya:
Takeoff

Pukul 14:20WIB, 97004 lepas landas dari runway 06 bandara Halim Perdanakusuma, untuk sebuah penerbangan demonstrasi. Penerbangan itu adalah yang kedua di hari itu (9/5). Pesawat itu membawa sebanyak 45 penumpang dan flight crew. 
Descent to 6000ft.
Pukul 14:30, pilot Alexander Yablonstev, yang tidak punya pengalaman terbang di Indonesia, meminta izin kepada ATC Soekarno-Hatta Int'l Airport untuk turun dari 10000ft ke 6000ft. Itu adalah kontak terakhir 97004 dengan ATC. Pukul 14:33, pesawat 97004 menghilang dari Radar. Awalnya diduga pesawat itu melakukan emergency landing


Low visibility near mountain
Pencarian pesawat 97004 dimulai setelah itu, namun karena keadaan yang gelap, proses pencarian dibatalkan hingga pagi besoknya. Tanggal 10 Mei, sisa pesawat 97004 ditemukan di tepi tebing.
97004 menabrak sebuah tebing dengan ketinggian 6000ft. 

Ternyata, kecelakaan 97004 ini bukan karena kesalahan pada sistem tetapi human errors, seperti:

  • Cabin crew yang sedang asik ngobrol dengan wartawan, mematikan warning system, agar tidak menggangu percakapan.
  • Pilot sepertinya tidak fokus kepada penerbangan.
  • Pilot tidak mengetahui seperti terrain di Indonesia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar